Saturday, September 10, 2011

Cryptid Ahool

Cryptid adalah istilah yang digunakan dalam Cryptozoology yang diambil dari bahasa Yunani krypto atau yang berarti hide dalam bahasa Inggris. Jadi cryptid merujuk kepada makhluk yang keberadaannya telah disarankan tetapi belum diakui oleh konsensus ilmiah, dan yang eksistensinya dianggap tidak mungkin tetapi ada dalam pikiran kita dikarenakan tidak ditemukannya bukti-bukti ilmiah tentang objek tersebut.
Sedangkan Cryptozoology adalah Ilmu atau paham yang mempelajari hewan cryptid tersebut.

Oke itu sedikit tentang cryptid biar nyambung sama artikel yang satu ini.
Cryptid yang mau gue bahas adalah Ahool. Kenapa namanya Ahool? Hewan ini pertama kali di lihat oleh Dr. Ernest Bartels ketika menjelajahi Gunung Salak dan terdengar suara "ahoooooool" dari kejauhan dan terbang diatas Dr. Ernest Bartels. 


Namun ahli cryptozoologi, Ivan T. Sanderson, mengatakan bahwa makhluk ini sejenis pterosaurus yang beradaptasi. Namun, ketika ditelusuri, memang ahool belum pernah bisa dibuktikan benar-benar ada. Kecuali penemuan kelelawar emas Jawa yang sudah sangat langka. Ahool sungguh masih menjadi misteri hingga kini.
Makhluk ini disebut-sebut seperti kelelawar besar yang memiliki rupa seperti primata (kera) dan memiliki cakar yang sangat tajam. Badannya penuh bulu-bulu berwarna abu-abu, sayapnya berukuran 3 meter jika dibentangkan dan itupun hanya salah satu sayap, jika sedang terbang kurang lebih lebar makhluk ini mencapai 6 meter.
Ini adalah salah satu gambar yang mendeskripsikan Ahool:

No comments:

Post a Comment