Monday, March 28, 2011

New Species in Indonesia

Did you know that we haven't discovered all of the things in our world? Bumi adalah tempat tinggal kita namun masih banyak hal-hal yang belum kita temui sebelumnya. Bahkan baru-baru ini ditemukan species baru tepat di negara kita sendiri yaitu Indonesia. Wow mengejutkan sekali setelah saya lihat discovery channel dan national geographic channel saat para ilmuan menemukan banyak species baru di daerah yang belum pernah terjamah sebelumnya yaitu terletak di Gunung Foja, Papua Nugini. Gunung tersebut diberi julukan "The Lost World" karena belum terjamah sebelumnya dan masih sangat natural. "Pegunungan Foja adalah sebuah pulau virtual dimana spesies telah berevolusi selama ribuan tahun", ujar John Francis wakil presiden untuk riset, konservasi dan eksplorasi di National Geographic. Sebuah tim kolaboratif Indonesia dan peneliti internasional kembali ke Pegunungan Foja dan menemukan spesies lebih spektakuler. Dilakukan oleh Conservation International Rapid Assessment Program (RAP). Selama ekspedisi berlangsung ahli biologi menemukan beberapa mamalia baru, burung yang belum diketahui oleh Sains, amfibi dan reptil baru, serta lusinan spesies serangga.
Dalam ekspedisi tersebut ditemukan amfibi baru yang secara kebetulan duduk di tumpukan beras oleh herpetologis Paul Oliver. Katak ini (Litoria sp. nov.), sudah dijuluki "Pinokio" yang memiliki hidung panjang ketika mereka aktif dan turun ketika tidak aktif.
  
Katak Pinokio
 Ornitologi, Neville Kemp, juga beruntung: ia menemukan sebuah spesies yang tidak diketahui dalam keluarga merpati (Ducula sp Nov.). Para peneliti mencatat burung baru tersebut tidak kurang dari empat kali selama ekspedisi berlangsung.
Imperial Pigeon
Salah satu penemuan membuktian ditemukannya pemecah rekor terbaru: yaitu spesies baru Walabi kerdil dari spesies kangguru (Dorcopsulus sp. nov.).
Walabi Kerdil

Spesies lain yang ditemukan adalah Blossom Bat/kelelawar mekar (Syconycteris sp. nov), tikus pohon baru (Pogonomys sp. Nov), Woolly giant rat/Tikus Raksasa (Mallomys sp. nov.), Gecko/tokek batu (Crytodactylus sp Nov), kupu-kupu hitam-putih baru (Ideopsis fojana) dan semak berbunga baru (Ardisia hymenandroides).
Wah menarik sekali bukan? Rasanya tidak adil jika ada eksploitasi lebih lanjut karena masih banyak misteri yang belum kita ketahui dengan pasti. Jadi, jagalah alam semesta karena kita juga bagian dan berperan penting dalam pelestariannya.


http://news.mongabay.com/

No comments:

Post a Comment