Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
A.Pasar Persaingan Sempurna yaitu Jenis pasar dengan jumlah penjual
dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
Jumlah output yang diproduksi perusahaan agar mencapai laba
maksimal adalah pada saat MR=MC. Ekstrim pertama, perusahaan berada
dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah
perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil
untuk mempengaruhi harga pasar. Ekstrim kedua adalah perusahaanhanya
satu ±satunya produsen (monopoli).
Kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi, umumnya dua kondisi
peralihan antara ekstrim persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi
pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing ±masing mempunyai daya
monopoli (terbatas), disebut persaingan monopolistic
(monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa
produsenyang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli
dikenalsebagai oligopoli (oligopoly ).
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
a.Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
b.Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan sempurna
c.Output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding output pasar
d.Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
e.Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar
B.Pasar Persaingan tidak Sempurna yang terdiri atas:
a.Pasar Monopoli : Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
b.Pasar Oligopoli : Pasar di mana penawaran satu jenis barang
dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari
dua tetapi kurang dari sepuluh.
c.Pasar Duopoli : Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
d.Pasar Persaingan Monopolistik : Bentuk pasar di mana terdapat
banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek.
e.Pasar Monopsoni : Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
f.Pasar Oligopsoni : adalah bentuk pasar dimana barang yang
dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak
sebagai konsumen.
Sumber :
No comments:
Post a Comment